Inilah Aktivitas Baruku,….Ayo Ainun…Semangat!!!!!

Senin, 10 September 2018, tepatnya jam 07.30 saya bergegas melangkahkan kaki menuju Twin Tower B lantai 7 karena pada jam tersebut ada aktivitas dan rutinitas baru yang akan saya jalani, yaitu menjadi mahasiswa baru pada Pascasarjana program Doktoral Dirosah Islamiyah. Setiba saya di ruangan 704, saya terkesima karena ternyata Dosen pada mata kuliah jam pertama sudah hadir di dalam kelas, Beliau adalah Profesor. Dr. Nur Syam, M.Si , sedangkan mahasiswanya masih hanya satu yang hadir, yaitu Mbak Umi Hanifah, panggilan akrab saya pada dia, kebetulan kita satu tim di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Ampel sebagai Dosen pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Mahasiswa program Doktoral Dirosah Islamiyah yang masuk pada tahun ajaran 2018-2019 ini hanya kami berempat. Saya, Mbak Umi dan dua orang laki-laki  bernama pak Faisal Agil dan Pak Miwan yang juga menjadi dosen di kampus lain. Otomatis kelas kelihatan kosong melompong pada saat itu, akhirnya saya masuk pelan-pelan dan mengucapkan salam dan mengajukan permohonan maaf kepada Beliau, karena ternyata saya telat 5 menit dari waktu yang ditentukan.

Tepat pada jam 07.20 Prof Nur Syam memulai perkuliahan dengan mengucapkan salam, meskipun pada waktu itu hanya masih ada kami berdua. Dua teman saya baru memasuki ruangan kuliah beberapa menit kemudian. Di awal kesempatan, beliau bercerita tentang rutinitas baru beliau, yaitu menjabat kembali sebagai Profesor dan Dosen di Kampus UIN Sunan Ampel, yang mana sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI. Selanjutnya beliau memberikan materi pertama dengan menyampaikan kisi-kisi materi yang berkaitan dengan mata kuliah yang beliau ampu yaitu Paradigma Ilmu Sosial, Humaniora dan Agama. Beliau memberikan informasi kepada kami berbagai referensi buku terkait mata kuliah, dan kami berempat  berdecak kagum, ternyata semua referensi itu adalah hasil karya tulis beliau sendiri.

Bagi saya Prof Nur Syam figur yang perlu diteladani bagi semua mahasiswa di UIN Sunan Ampel pada umumnya dan bagi kami di Pascasarjana program Doktoral Islamiyah khususnya. Beliau  adalah seorang penulis banyak buku di segala bidang keilmuan yang bisa menjadi rujukan kaum intelektual dalam pengembangan keilmuannya. Ada kesan yang luar biasa yang kami rasakan, yaitu motivasi beliau kepada kami untuk gemar dan terbiasa menulis apapun yang bisa kami tulis di Blog. Ini yang selama ini belum sempat saya lakukan. Selama ini saya hanya berkutat dengan kegiatan mengajar di Prodi PBA, Melakukan penelitian, disamping saya juga melaksanakan  rutinitas tugas di kantor karena mendapatkan tugas tambahan selain menjadi dosen. Akhirnya Blog inilah pengantar bagi saya untuk mengejawantahkan amanah dari Beliau. Semoga Blog ini merupakan langkah awal bagi saya untuk selalu menuangkan ide dan pikiran saya terkait dengan hal apapun yang ingin saya tulis . inilah aktivitas baruku…Ayo Ainun….Semangat!!!!!!

2 Replies to “Inilah Aktivitas Baruku,….Ayo Ainun…Semangat!!!!!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *