Diskusi Aspek Kognitif Perkembangan Bahasa

Hai sahabat!
Assalamu’alaikum. Nama saya Ainur Rif’ati. Tema ini sangat penting dalam kajian dan penelitian kebahasaan, yaitu mengenai bagaimana aspek-aspek kognitif dalam diri manusia tumbuh dan mempengaruhi perkembangan bahasanya. Saya bersama Lathifatu Zuhriyah, Wenni Anggraeni, dan Mustafa telah mendiskusikannya di kelas. Berikut ini resumenya.

Bahasa merupakan alat komunikasi sebagai sebagai perantara antar individu untuk menyampaikan gagasan-gagasan mereka dengan menggunakan simbol-simbol yang telah diatur dan disepakati oleh ketentuan yang berlaku. Dalam berbahasa adakalanya dengan lisan (bicara) dan adakalanya dengan isyarat. Manusia dikarunia anugrah di otak sebelah kirinya yaitu kemampuan berbahasa. Ada banyak hal yang mempengaruhi seseorang dalam perkembangan bahasanya, di antaranya adalah kognitif setiap individu.

Perkembangan bahasa bermula ketika dalam awal kehidupan sesseorang, yakni ketika dia mulai belajar bahasa. Perkembangan bahasa tersebut dipelajari dari yang sederhana sampai yang kompleks. Tahap-tahap perkembangan bahasa anak ada empat masa, yaitu: masa kalimat satu kata, masa memberi nama, masa kalimat tunggal dan masa kalimat majemuk.

Aspek kognitif sangat berperan penting dalam perkembangan bahasa. Berdasarkan pada asas teori kognitif, teori Jean Piaget seorang psikolog dan filsuf Swiss menyatakan bahwa kecerdasan anak yang tumbuh dan keinginnnya untuk mengekpresikan apa yang dia maksud, akan bersama-sama dengan masukan bahasa dari orang tua dan akan mendorong mereka untuk memperoleh bahasa. Dari bahasa yang telah mereka peroleh, akan mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan kognitif mereka. Menurut Piaget, perkembangan kognitif mempunyai empat aspek, yaitu kematangan, pengalaman , interaksi social, dan ekullibrasi (mempertahankan keseimbangan dan penyesuaian diri).

Tahap perkembangan aspek kognitif dalam bahasa nya terjadi empat tahapan, yaitu pertama, Masa Gerakan Panca Indra (sensomotorik) yang mana anak benar-benar membangun realitas mereka sendiri dalam pola-pola gerkan yang mereka kembangkan dalam membentuk bahasa mereka. Tahap ini ada enam periode yakni  refleks, kebiasaan, reproduksi, koordinasi skemata, eksperimen, dan representasi. Kedua, Masa Praoperasional. Ketiga, Masa Operasi Kongkrit yakni sistem kognitif anak yang tersusun rapi sesuai  kognitif dan persepsi mereka. Keempat, Masa Operasi Formal yakni mengembangkan pengertian waktu kesejahteraan. Masa ini mengatur anak-anak memasuki masa kehidupan kedewasaan kognitif.

Pemahaman seseorang terhadap bahasa atau kata akan mempengaruhi pandangannya terhadap realitas. Keterkaitan bahasa dengan kognitifnya terletak pada asumsi bahwa bahasa mempengaruhi pandangannya terhadap dunia, serta mempengruhi pikiran yang individu yang menggunakan bahasa itu. Kognitif juga mempengaruhi bahasa seseoeang, hal ini seperti pendapat tokoh psikologi kognitif yaitu Jean Piaget. perkembangan aspek kognitif anak akan mempengaruhi bahasa yang digunakannya. Semakin tinggi aspek tersebut, semakin tinggi bahasa yang digunakannya.

Hubungan timbal balik antara keduanya yaitu kognitif dengan bahasa seperti yang diungkapkan oleh Benyamin Vigotsky, seorang ahli semantik berkebangsaan Rusia yang melakukan pembaharuan terhadap teori Jean Piaget yakni bahasa dan kognitif seseorang akan selalu mempengaruhi.

8 Replies to “Diskusi Aspek Kognitif Perkembangan Bahasa”

  1. sebelum seseorang mengalami masa kedewasaan kognitif seperti yang anda sebutkan dalam makalah, apakah seseorang itu juga mengalami kebingungan dalam alur berfikirnya karena banyaknya informasi yang telah dia dapat dari luar yang berkaitan dengan aspek kognitif.

    mohon penjelasan?

    sukron

  2. Begini Mbak Jarjit dkk…
    1. kapan anak itu bisa dikatakan ia berfikir secara sadar/naluri akan dirinya ?………
    2. Bagaimana menurut Mbak Jarjit dkk. tentang anak kecil yang Cerdas/pinter di dalam dan diluar kelas ?… berdasarkan Pengalaman MTQ Madiun kemaren, saya melihat ada anak kecil ikut lomba tahfid 10 juz pdahal dia masih berumur sekitar 6-8 th. mengapa anak kecil tersebut mudah menghafal ?…..
    3. tolong dijelaskan tentang Otak kiri dan fungsinya ?….
    شكراً

  3. syukron ats smua tanggapannya thdp materi ini,
    @akhi abidin:dalam masa perkembangan kognitif ada beberapa tahapan dalam perkembangannya n begitu juga aspek-aspeknya. seperti dalam diskusi kmren,aspek kognitif yg ke 4 yaitu ekullibrasi, yg mana individu mampu mempertahankan dan menyesuaikan diri thdp lingkungannya. jd stiap individu tak mudah terpengaruh begitu saja. Dan pd tahap perkembangannya,di masa Operasi Kogrkrit ada beberapa tahap lagi yg dialami seorang individu yaitu sekitar usia 7-11 th akan mengalami proses berfikir decentering (mempertimbangkan), jadi dia akan mempertimbangankan pengaruh yg msuk shg ketika ia mengalami kebingungan atau bimbang mk dlam proses tahap perkembangan aspek kognitifnya dia akan mempertimbangkannya sebelum mengambil kesimpulan globalitas. syukron

    @akhi M ulil Azmi (rodliallahu ‘anhu): kasus yg akhi ungkapkan seperti hal nya kasus yg diajukan oleh saudari ibta ulfi dlam diskusi kmren (video ank kecil dr Malang yg merokok n bahasa rusuh) n alhamdllah sy n tman2 udah membahasnya.
    jadi yg mempengaruhi hal demikian adalah faktor lingkungan, adakalanya yg mendukung mereka untuk berbuat positif ataupun negatif. dan jika dilihat dr aspek kognitifnya, di usia dini merupakan masa emas untuk pendidikan karakter anak2……hehee
    syukron, yaa mgkn ad tmbahan atau tanggapan lain, dipersilahkan.hehe

  4. syukron ats smua tanggapannya thdp materi ini,
    @akhi abidin:dalam masa perkembangan kognitif ada beberapa tahapan dalam perkembangannya n begitu juga aspek-aspeknya. seperti dalam diskusi kmren,aspek kognitif yg ke 4 yaitu ekullibrasi, yg mana individu mampu mempertahankan dan menyesuaikan diri thdp lingkungannya. jd stiap individu tak mudah terpengaruh begitu saja. Dan pd tahap perkembangannya,di masa Operasi Kogrkrit ada beberapa tahap lagi yg dialami seorang individu yaitu sekitar usia 7-11 th akan mengalami proses berfikir decentering (mempertimbangkan), jadi dia akan mempertimbangankan pengaruh yg msuk shg ketika ia mengalami kebingungan atau bimbang mk dlam proses tahap perkembangan aspek kognitifnya dia akan mempertimbangkannya sebelum mengambil kesimpulan globalitas. syukron

    @akhi M ulil Azmi (rodliallahu ‘anhu): kasus yg akhi ungkapkan seperti hal nya kasus yg diajukan oleh saudari ibta ulfi dlam diskusi kmren (video ank kecil dr Malang yg merokok n bahasa rusuh) n alhamdllah sy n tman2 udah membahasnya.
    jadi yg mempengaruhi hal demikian adalah faktor lingkungan, adakalanya yg mendukung mereka untuk berbuat positif ataupun negatif. dan jika dilihat dr aspek kognitifnya, di usia dini merupakan masa emas untuk pendidikan karakter anak2……hehee
    syukron, yaa mgkn ad tmbahan atau tanggapan lain, dipersilahkan.hehe….:-)

  5. @akhi M ulil Azmi (rodliallahu ‘anhu): afwn mengenai otak kiri n fungsinya. otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, formal, dan bahasa yg grammar, serta merupakan pusat matematika. pd masa usia dini sampai pubertas merupakan masa Brain Lateralisasi yakni pemisahan antara otak kanan n otak kiri pd anak.

  6. Ow bgitu ya Mbak Jarjit………
    Betul,Betul,Betul……………. jadi Masa Emas anak kecil itu Umurnya berapa ?…… klo saya ni Masa2 apa lho jit ?……

  7. kalau menurut saya masa emas adalah masa dimana seorang dapat mengapreasikan dirinya artunya dapat mengembangkan apa yang ada pada diri seseorang tersebut yaitu dimana seseorang pada masa remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *