Diskusi: Aspek Kognitif dalam Perkembangan Bahasa

[Bahasan ini telah didiskusikan oleh Athiyyah Alizzah, dengan hasil resum sebagai berikut.]

Bahasa adalah bentuk komunikasi baik itu berupa lisan, tertulis atau tanda, yang didasarkan pada sistem simbol.

Perkembangan adalah perubahan menuju ke tahap yang lebih tinggi atau lebih baik.

Jadi perkembangan bahasa itu adalah perubahan komunikasi yang mulai dari dia masih bayi sampai dewasa dengan melalui tahap-tahap perkembangannya, yaitu tahap perkembangan artikulasi dan tahap perkembangan kata dan kalimat.

Piaget menyatakan adanya beberapa tahap dalam perkembangan kognitif anak:

1)      Tahap Sensomotorik (0-18 atau 24 bulan)

2)      Tahap Praoperasional (± 18 bulan sampai 7 tahun)

3)      Tahap Operasional Konkret (7 sampai 11 tahun)

4)      Tahap Operasional Formal (mulai 11 tahun)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa, yaitu:

  1. Aliran Nativisme (faktor bawaan sejak lahir)
  2. Aliran Behaviorisme atau Empirisme (proses belajar dari lingkungan sekitar)
  3. Aliran Konvergensi (kolaborasi antara nativisme dan behaviorisme)

Berikut ini adalah hubungan antara kemampuan berbahasa dengan kemampuan berpikir

  1. pada setiap individu, mereka berfikir menggunakan simbl-simbol yang memiliki makna atau arti tertentu (Glover, 1987)
  2. Aktifitas berfikir individu sebenarnya menggunakan simbol-simbol verbal dan hukum tata bahasa untuk menggabungkan kata-kata menjadi sebuah kalimat yang bermakna (Morgan, 1980)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *