Desain Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

Evaluasi

Evaluasi adalah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana , dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai.

Secara garis besar alat evaluasi digolongkan menjadi 2:

  1. Tes.  Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan secara sistematis dan objektif untuk mengetahui atau mengukur sesuatu, dengan cara dan cepat dan tepat.
  2. Non tes. Non tes adalah alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui minat atau sikap siswa dalam pembelajaran.

Macam-macam tes:

  1. Tes objektif adalah tes yang dalam pemeriksaaannya dapat dilakukan secara objektif. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari tes bentuk esai.
  2. Tes subjektif adalah tes yang dalam pemeriksaaannya dapat dilakukan secara subjektif. Tes ini umumnya berbentuk esai (uraian).

Bentuk Instrument Evaluasi Tes

1. Tes objektif

a)      Pilihan Ganda

Contoh:

يثعلم الثلاميذ في,,,,,,,,,,,,

أ.المسجد     ب. المدرسة     ح. الملعب

 b.benar-salah

Contoh:

إختر (ص) إن كانت الجملة و(خ) إن كانت خاطئة

1.القائل الثاني يقضي العطلة الصيفية في حديقة الحيوان (ص) أو (خ)

2.القائل الأولي يذهب مع عائلته (ص) أو (خ)

3.الإسكندرية عروص البحر المتوسط (ص) أو (خ)

c) menjodohkan

 Menjodohkan atau mencocokkan terdiri atas satu seri pertanyaan dan satu seri jawaban. Masing-masing pertanyaan mempunyai jawaban yang tercantum dalam seri

d) Tes isian (melengkapi)

Contoh:

الصوم ركن عظيم من…………. الإسلام

2. Tes subjektif

Uraian (esai).

Tes yang memerlukan jawaban bersifat pembahasan atau uraian kata-kata.

أذكر الأسماء الملائكة……….!

Bentuk Instrument Evaluasi Non-tes

  1. Kuisioner
  2. Daftar cocok (check list)
  3. Wawancara
  4. Pengamatan (observation).

One Reply to “Desain Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *