Perangkat Pembelajaran (Kalender, RME, PROTA, PROMES)

Tulisan disajikan bersama oleh Lailatul maghfiroh, Sundari,  Siti Afifah, dan  Ismawati. Berikut ini paparan resumenya.

 Analisis Terhadap Kalender Pendidikan

 1) Pengertian kalender Pendidikan.

      Kalender pendidikan adalah suatu daftar tanggal berdasarkan perhitungan tahun masehi selama satu tahun yang di dalamnya memuat tentang ; permulaan dan akhir kegiatan belajar, evaluasi belajar serta hari – hari libur dan tidak efektif belajar.

 2) Penyusunan kalender pendidikan.

        Penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efisiensi, efektivitas, dan hak-hak peserta didik. Dalam kalender pendidikan dapat kita lihat berapa jam waktu efektif yang dapat di gunakan untuk kegiatan pembelajaran. Termasuk waktu libur, dan lain – lain.

 3) Fungsi kalender pendidikan

  • Mendorong efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran di sekolah/madrasah
  • Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari libur sekolah/madrasah
  • Pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran sekolah
  • Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus dan satuan acara pembelajaran

4) Komponen kalender

a) Permulaan dan akhir tahunan pembelajaran.

  1. Penerimaan siswa baru
  2. Kegiatan hari – hari pertama masuk sekolah
  3. Kegiatan belajar mengajar
  4.  Ulangan umum semester
  5. Ujian Akhir Sekolah/ UAN
  6. Pembagian buku pribadi dan rapor
  7. Penyerahan surat tanda tamat belajar

b) Hari efektif belajar

c) Hari – Hari libur sekolah

  • Libur semester
  • Libur khususs
  • Libur umum

Rencana Minggu Efektif

  • Analisis minggu efektif belajar adalah menghitung jumlah minggu efektif yang bisa di gunakan untuk kegiatan pembelajaran di kelas setiap bulanya selama satu tahun atau enam bulan.
  • Kompetensi dasar mata pelajaran adalah sekumpulan kemampuan minimal yang harus dikuasai siswa selama menempuh pendidikan di suatu jenjang pendidikan.
  • Analisis materi pelajaran adalah menguraikan materi standar (materi pokok) kedalam bagian – bagian yang mengacu kepada kompetensi dasar,hasil belajar, dan indikator pencapaian hasi belajar sehinggah akan diperoleh pengertian dan pemahaman secara menyeluruh.

Program Tahunan (PROTA)

Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis – garis besar yang hendak di capai dalam sutu tahun dan di kembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perluh di persiapkan dan di kembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran di mulai, kareana merupakan pedoman bagi pengembangan program – program berikutnya, yakni program semester, program mungguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.

Program Semester (PROMES)

Program semester berisikan garis – garis besar mengenai hal –hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.pada umumnya program semester ini berisikan tentang identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran,semester,tahun pelajaran),bulan, standar kompetensi dan materi pokok yang hendak di sampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan – keterangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *