Verifikasi Komitmen Mutu Madrasah

Madrasah memang perlu mendapatkan perhatian lebih, terutama dalam pengembangan mutunya. Untuk tujuan tersebut, saya bersama DR. Eni Purwati melakukan kunjungan ke beberapa madrasah di wilayah Kabupaten Gresik, meliputi Kecamatan Manyar, Kecamatan Dukun dan Kecamatan Bungah. Kegiatan yang didukung oleh School System and Quality (SSQ)-kerjasama Pemerintah Indonesia –Australia tersebut berlangsung mulai tanggal 24 sampai 29 Pebruari 2012. Kabupaten Gresik merupakan salah satu dari rangkaian wilayah yang dikunjungi oleh Tim Asesor SSQ, selain Kota Surabaya dan Bojonegoro.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari permohonan Mapenda di daerah guna mendapatkan pendampingan dan pendanaan dalam rangka peningkatan mutu. Respon cepat diberikan oleh SSQ dengan memverifikasi masing-masing madrasah yang telah mengajukan permohonan dan data sekolah. SSQ sendiri ke depan mentargetkan pendampingan selama kurang lebih 1,5 tahun di masing-masing madrasah. Pendampingan tersebut tidak sekedar meningkatkan perolehan grade akreditasi, namun juga meningkatkan mutu yang sebenar-benarnya dari setiap madrasah sesuai dengan  8 standar pendidikan nasional.

Rata-rata pengelola sangat antusias dengan program ini. Apalagi beberapa di antara mereka sedang merenovasi madrasah, tindaklanjut bantuan blockgrant dari Kemenag RI beberapa tahun sebelumnya. Uniknya, bantuan pemerintah untuk pembangunan 1 unit ruang belajar, dalam realisasinya malah menjadi 2 smp 3 unit. Semua itu berkat dukungan swadaya dari masyarakat setempat yang luar biasa. Demikian tutur Ketua Yayasan Robithatul Asyfia, menyikapi fenomena itu. Sebuah bukti nyata, betapa madrasah bukan sekedar menjadi kepentingan lembaga pendidikan itu sendiri, tetapi telah menyatu dan menjadi milik bersama masyarakat di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *