KISI-KISI TUGAS OBSERVASI LAPANGAN MPDP BA

Rasional

Sebelum melaksanakan kegiatan praktek mengajar (PPL), mahasiswa perlu dibekali pengetahuan dasar tentang bagaimana perencanaan dan desain pembelajaran bahasa Arab yang baik.  Hadirnya KTSP telah mengembalikan wilayah pedagogis guru yang selama ini terbelenggu oleh kemauan birokrasi.  Kini, madrasah berhak menentukan kurikulumnya sendiri melalui intepretasi standar minimal kompetensi yang ditetapkan. Karenanya, telah menjadi sebuah keniscayaan era saat ini bahwa guru BA harus mampu berperan lebih, tidak hanya sebagai operator kebijaksanaan, tetapi juga kreator dan inovator khususnya dalam kebijaksaan kelas, misalnya pengembangan silabus mata pelajaran bahasa Arab sampai yang paling teknis di level kelas adalah membuat RPP.

Kompetensi

Setelah menyelesaikan tugas ini, diharapkan mahasiswa memiliki data bandingan sebagai pengetahuan dan pemahaman lebih kongkrit tentang perencanaan dan desain pengajaran Bahasa Arab di madrasah sehingga mampu mengkritisi dan terampil menciptakan kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab yang lebih efektif dan efisien.

Objek Observasi

Seusai dengan disiplin ilmu yang ditekuni mahasiswa, maka objek observasi adalah guru bahasa Arab di madrasah-madrasah atau sekolah di sekitar kampus IAIN Sunan Ampel atau di daerah tempat asal mahasiswa. Pengamatan dalam satu madrasah oleh beberapa mahasiswa masih diperbolehkan dengan syarat guru BA yang dijadikan pengamatan berbeda, bukan 1 orang.

Deskripsi dan Prosedur Tugas

  1. Persiapan
    1. Bekali diri dengan informasi dan pengetahuan dasar tentang perencanaan dan desain pengajaran BA, konsultasikan dengan dosen.
    2. Tentukan terlebih dahulu pilihan madrasah atau sekolah mana yang ingin diobservasi.
    3. Buatlah surat pengantar untuk observasi/studi lapangan dengan mengisi form yang biasa telah disediakan oleh bag. Akedemik, dan mintalah tanda tangan dari Dekan melalui petugas yang ada.
    4. Berikan surat tersebut pada Kepala Madrasah atau Sekolah saat anda mengunjungi madrasah/sekolah.
    5. Bila madrasah atau sekolah tidak mengijinkan atau keberatan karena suatu hal, maka anda boleh mencari madrasah atau sekolah yang lain.
  2. Pelaksanaan
    1. Perkenalkan diri anda dengan guru BA dan utarakan maksud dan tujuan kunjungan anda dengan simpatik, misalnya untuk belajar bukan untuk menilai.
    2. Diskusikan dengan guru BA tentang  bagaimana merancang materi BA, strategi/metode, media, evaluasi dan lain-lain yang terkait dengan aktivitas belajar siswa.
    3. Mintalah atau pinjam dengan santun beberapa dokumen perencanaan dan desain pembelajaran yang telah dibuat oleh guru BA, antara lain seperti: (1) Kurikulum madrasah dan silabus, (2) Kalender pendidikan, (3) Rincian mingu efektif, (4) Program tahunan, (5) Program semester, (6) SAP/RPP, (7) Analisis Ulangan dan Perbaikan, dan (8) Dokumen lain-lain yang relevan.
    4. Kembalikan dokumen yang telah anda kopi/pinjam.
    5. Ada baiknya jika anda melihat bagaimana guru BA tersebut mengajar di kelas sebagai realisasi dari desain pembelajaran yang dia ditetapkan.

Pelaporan

  1. Kumpulkan berbagai dokumen kelas (portofolio) dan hasil observasi dan jilidlah dalam sampul hijau, dg sistematikan sebagai berikut: (a) Halaman sampul, (b) Kata pengantar, (c) Daftar isi, (d) Pendahuluan, (e) Temuan dokumen dan data lainya (lihat rinciannya pada nomor 2.3), (f) Komentar dan analisis, (g) Referensi/daftar pustaka.
  2. Serahkan laporan tersebut pada dosen pada hari Jumat sebelum minggu tenang atau UAS
  3. Laporan akan menjadi bahan UAS yang akan diselenggarakan secara lisan. Jadwal dan tanggal akan disampaikan menyusul.
  4. Jika diketahui terjadi plagiasi (penjiplakan), mahasiswa yang bersangkutan akan dinyatakan tidak lulus.

Penutup

Kerjakan tugas secara mandiri. Bila mengalami kesulitan, diskusikan dengan teman atau konsultasikan dengan dosen.* Hal-hal yang menyangkut perubahan dan atau belum dijelaskan dalam Juklak ini akan ditetapkan kemudian. Selamat belajar, semoga sukses!


*  Konsultasi dapat secara langsung di kantor Jurusan PBA  atau via HP 085749084084, PIN BB 280FF322.  Afwan, sms tanpa nama tidak dilayani

7 Replies to “KISI-KISI TUGAS OBSERVASI LAPANGAN MPDP BA”

  1. mencba untuk berpartisivasi dalam membahas metode metode yang telah paparkan, tujuannya hany untuk menjadi landasan sebuah pengetahuan.
    bagaimane mendesain rancangan dari dari berbagai metode pembelajaran yang sudah kita bahas dalam diskusi.>>>>>?
    metode apa yang paling dominan untuk dijadikan acuan pembelajaran.

  2. yang tergantung dari kemampuan yang di miliki setiap guru dan metode apa yang yang harus di terapkakn ketikan menemui masalah yang ada.

  3. assalamualaikum, ustad.

    ustad, kalau dokumen yang dikasih dari pihak guru berupa tahun ajaran 2011 bagaimana, apakah boleh ?
    dikarenakan pada madrasah tersebut masih tetap menggunakan pedoman perangkat pembelajaran pada tahun 2011 ?
    dan yang terakhir, kita mengobservasi pada tingkat MI , apakah boleh ?

    syukron, wassalam.

  4. assalamualaikum.
    ustad, saya dan teman saya mengobservasi pada 1 sekolahan yang sama
    kebetulan di MI . Sehingga kami perangkat pembelajarannya juga sama. apakah itu boleh ustad ??
    syukron, wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *