Pembelajaran Bahasa Arab bagi Orang Non-Arab

Pembelajaran Bahasa Arab

Pengertian pembelajaran adalah suatu upaya membelajarkan siswa untuk belajar yang mana guru bertindak sebagai fasilitator untuk pembelajaran siswa. Dalam pembelajaran terjadi interaksi antara guru dan siswa, disatu sisi guru melakukan sebuah aktivitas yang membawa siswa kearah tujuan, lebih dari itu siswa dapat melakukan serangkaian kegiatan yang telah direncanakan oleh guru yaitu kegiatan belajar yang terarah pada tujuan yang ingin dicapai. Jadi pembelajaran bahasa arab dapat didefinisikan suatu upaya membelajarkan siswa untuk belajar bahasa arab dan guru sebagai fasilitator dengan mengorganisasikan berbagai unsur untuk memperoleh tujuan yang ingin dicapai.

TujuanPembelajaranBahasa Arab Bagi Orang Non-Arab

Tujuanpembelajaranbahasa Arab adalah sebagai berikut:

  1. Bagi pihak pendidik adalah agar dapat menjadikan bahasa Arab mudah dikuasai oleh para pelajar.
  2. Bagi pihak pelajar adalah agar dapat menguasai bahasa Arab.
  3. Tujuan agama, yaitu untuk mengkaji dan memperdalam ajaran Islam dari sumber-sumber yang berbahasa Arab, seperti Al- Qur’an, al- Hadits, dan kitab-kitab.
  4. Tujuanbisnis.
  5. Tujuandiplomatik.
  6. Tujuan haji.

Ada beberapa alasan mendasar mengapa orang Islam mempelajari bahasa Arab karena sebagai bahasa agama, di antaranya:

  1. Bahasa Arab sebagai bahasa ibadah, ritual keagamaan seperti shalat, dzikir, doa-doa, dan lain-lainnya dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab.
  2. Dengan menguasai bahasa Arab, maka akan dapat memahami al-Qur’an dan Hadits Nabi Saw. Di mana keduanya adalah merupakan sumber pokok ajaran dan hukum Islam.
  3. Dengan menguasai bahasa Arab, maka wawasan kajian Islam akan berkembang karena dapat mengkaji Islam dari kitab-kitab klasik yang kaya dengan kajian Islam.

Strategi Pembelajaran Bahasa Arab

  1. Strategi pembelajaran mufrodat (kosakata)
  2. Strategi pembelajaran nahwu (tata bahasa)
  3. Strategi pembelajaran istima’ (mendengar)
  4. Strategi pembelajaran kalam (berbicara)
  5. Strategi pembelajaran qiro’ah (menbaca)
  6. Strategi pembelajaran kitabah (menulis)

————————————–

Sumber: Resume diskusi kelas oleh: Anis Ratna Sari, Sabilar Rosyad, Naziha Evaliza, Nurul Faizatul Wahidah, Binti Ma’rifatul Lutfiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *